Buka Pelatihan Tata Rias dan Menjahit, Yohanis Bassang: Tekuni Agar Bisa Punya Penghasilan Sendiri

Terkini.id, Kesu – Dinas Tenaga Kerja Toraja Utara bekerja sama Balai Pelatihan UTD Makassar melalui UPTD BLK Toraja Utara melaksanakan Pelatihan Tata Rias dan Menjahit yang di gelar di SMKN 2 Toraja Utara, Kelurahan Ba’tan. Pelatihan ini dibuka langsung Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang di dampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja, Inrias Duma, Kepala Sekolah SMKN 2 Toraja Utara, Yusuf Kalu. 

Dalam sambutannya, Yohanis Bassang berharap para peserta serius dan tekun dalam pelatihan. 

“Saya berharap agar peserta pelatihan menjahit dan salon (tata rias) agar serius dan tekun dalam pelatihan ini, agar mampu menambah keterampilan yang anda miliki,” ungkap Yohanis Bassang. 

Baca Juga: Dinas Pariwisata Torut Laksanakan Pelatihan Digitalisasi Pemasaran dan Penjualan Desa...

Dengan adanya pelatihan-pelatihan, Bupati juga berharap peserta mampu membuka lapangan pekerjaan dan menurunkan angka pengangguran. 

“usai mengikuti pelatihan ini, saya berharap para peserta pelatihan mampu membuka lapangan pekerjaan, asal tekun dan bersabar, karena pasti disetiap usaha ada rintangan. Sampai saat ini, di toraja utara belum ada penjahit yang profesional dan berkualitas, yang ada penjahit berasal dari luar toraja yang mencari nafkah disini,” tambahnya. 

Baca Juga: Bupati Torut: Mari Memberikan Pelayanan dengan Jiwa Besar

Di penutup sambutannya, Bupati mengungkapkan apresiasinya kepada wanita tangguh yang mampu menghasilkan pendapatan sendiri. 

“jadilah wanita tangguh dan mandiri, dengan mampu menghasilkan pendapatan sendiri, kalian (ibu/ibu) memberikan support perekonomian keluarga,” tutupnya. 

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Inrias Duma menuturkan bahwa pelatihan ini untuk mempersiapkan tenaga-tenaga kerja di masa mendatang. 

Baca Juga: Penutupan Toraja Highland Festival Diduga Acuhkan Prokes, Ribuan Pengunjung Berdempetan

“kita sebagai daerah pasion, banyak event-event yang berhubungan dengan adat, maupun event nasional dan international, sehingga kita harus mempersiapkan dari sekarang,” ungkap Inrias Duma, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. 

Pelatihan ini diikuti oleh 32 peserta pelatihan Tata Rias dan 32 peserta Menjahit yang akan berlangsung selama 1 bulan di mulai dari tanggal 7 Ssptember 2021.

Bagikan