Peluncuran Road to Higland Festivaldi To’Tombi Lolai Dihadari Menteri Sandiaga Uno
Komentar

Peluncuran Road to Higland Festivaldi To’Tombi Lolai Dihadari Menteri Sandiaga Uno

Komentar

Terkini.id, Toraja Utara – Ngopi Toraja di atas awan bersama Menteri pariwisata dan dan ekonomi kreatif, dalam kegiatan virtual showcase UMKM yang menghadirkan UMKM khas Toraja seperti tenun, kerajinan ukir, kopi Toraja dan kerajinan lukis dilaksanakan di To’Tombi Lolai Kamis 22 Juli 2021.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara Hybrid dan dihadiri secara onsite dan online. Kegiatan tersebut juga diikuti langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Bupati Tana Toraja dan Wakil Bupati Toraja Utara, Direktur MRT Jakarta William Sabandar dan PT Telkom Syafudin, Ketua Umum DPP MASATA Panca R Sarungu yang menjadi pemandu acara, Ketua DPC MASATA Toraja Utara, Damayanti Batti, Ketua Umum BPS Gereja Toraja Pdt Musa

Salusu, Uskup Agung Makassar Mgr, John lLikuada’ anggota DPD RI Lili Sarungpa’ dan penggiat pariwisata Kabupaten Toraja Utara lainnya serta pejabat di Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Toraja Highland festival yang merupakan Road to Toraja Highland Festival yang akan berlangsung tanggal 6 -11 Agustus di Toraja Utara yang rencananya akan dihadiri langsung oleh Menteri pariwisata sandiaga Uno. 

Adapun sambutan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,

Baca Juga

“Budaya Toraja termasuk arsitektur Toraja harus di jaga dan kearifan lokal harus di jaga dan bisa di kunci dengan kebijakan-kebijakan yang ramah terhadap parawisata yang berpihak kepada kearifan lokal dan mudah-mudahan kita bisa bangkit setelah pandemi covid-19 ini berlalu agar Toraja ini bukan super prioritas tapi super berkualitas, Marih kita mematuhi protokol kesehatan,” tutur Menteri Pariwisata Ekonomi dan Kreatif Sandiaga Uno di tutup pantun, ‘pergi ke pasar kawan membeli celana bersama kemeja, alam dan budayanya sangatlah menawan, tidak menyesal jika ke Toraja’.

Di akhir Sambutan Menteri mengagumi keindahan panorama awan yang mengitari kawasan Lolai yang disaksikan melalui live camera.

Sementara itu, Wakil Bupati Toraja Utara menyampaikan pesannya,

“Saya menyampaikan terima kasih untuk upaya-upaya yang sudah dilakukan oleh masata, berwiasata dalam masa pandemi sekarang dalam seperti kita ketahui bahwa salah satu yang berdampak adalah sektor pariwisata di Toraja Utara, terutama dalam kondisi sekarang seperti kita ketahui bahwa salah satu yang paling berdampak adalah sektor pariwisata di Toraja Utara berbicara UMKM, ada sekitar 144 kira-kira sekitar 60% sangat berdampak tapi kita tetap semangat apalagi dengan bagian dari tema yang diangkat kolaborasi bersama Bank Indonesia, OJK, kita bangga produk Indonesia kita bangga wisata Indonesia”, Ujarnya.

Wakil Bupati Victor palimbong pun membalas pantun Menteri parawisata ekonomi dan UKM “misa’ kada di potuo pantan kada di pomate, bapak menteri Sandiana Uno di tunggu di toraja”.

Kegiatan dilaksanakan sambil menikmati sunrise dan dikelilingi panorama spektakuler awan ini menampilkan umkm binaan PT Telkom berupa penenun toraja, pengrajin ukiran dan lukisan budaya toraja serta tentunya dengan suguhan kopi speciality arabica toraja.