Unggul Telak di Semua Sesi Debat, Kalangan Millenial Alihkan Dukungan ke Al-John
Komentar

Unggul Telak di Semua Sesi Debat, Kalangan Millenial Alihkan Dukungan ke Al-John

Komentar

Terkini.id, Makale – Pasangan Abertus Patarru dan John Diplomasi (Al-John) dinilai unggul telak dari kandidat lain pada debat kedua Pilkada Tana Toraja hari ini.

Albert-John dinilai tak hanya menguasai panggung debat, pemaparan paslon nomor urut tiga itu juga dinilai detail, terukur dan terarah. Paparan berdasarkan visi misi yang ada.

Sekaligus sebagai bukti bahwa Al-John komitmen menjadikan ajang debat tersebut sebagai wadah untuk adu gagasan dan program. 

Hal itu mengundang reaksi berbagai kalangan, mulai dari akademisi, aktivis kepemudaan atau milenial, hingga lintas profesi lainnya.

Santo, misalnya, Alumni Universitas Negeri Makassar (UNM) itu mengaku telah mantap berada di barisan Al-John. Debat kedua dijadikannya momentum untuk memutuskan dukungannya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 9 Desember mendatang.

Baca Juga

“Awalnya keputusan saya belum final. Tapi setelah menyaksikan penampilan pasangan Al-John di debat kedua, saya semakin yakin untuk mendukung Albert-John. Visi misinya itu terukur, jauh dari kesan bombastis. Latar belakang pak Albert dan pak John sangat pas untuk memimpin Tana Toraja ke depan,” katanya, Selasa 1 Desember 2020.

Sementara, Alumni Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), Wilson, menyebut Al-John berbicara sesuai bukti nyata. Tidak melenceng dari visi misi yang ada. 

“Ini menandakan bahwa pemaparan yang disampaikan itu bukan omong kosong. Debat adalah pemaparan dan adu gagasan, bukan ajang cari muka dan saling menjatuhkan,” ujarnya.

Lain lagi dengan alumni Ukip, Susanto melihat banyaknya sikap tendensius dan serangan pribadi dari paslon lain ke Al-John. 

Hal itu justru semakin menunjukkan kalau mereka tak mampu lagi bersaing secara sehat. Bukan lagi saling mengadu pemikiran, melainkan sibuk mencari kesalahan pribadi Al-John yang jauh dari konsep dan tema debat.

“Saya yakin masyarakat Tana Toraja sudah cerdas menilai. Paslon yang hanya mampu menyerang pribadi paslon lainnya itu karena tak mampu membuktikan apa-apa. Saya sendiri sudah mantap mendukung pasangan Al-John karena penjabarannya yang berbasis data dan fakta,” paparnya.

Senada disampaikan alumni Universitas Kristen Toraja (UKI TORAJA) Suprianto, Menurutnya, calon pemimpin sejatinya memberikan contoh yang baik kepada masyarakat.

“Generasi milenial itu melihat siapa yang mampu berkarya untuk Tana Toraja, Bukan yang justru mempertontonkan ajang adu domba. Al-John pilihan tepat, bukti kedewasaan seorang kandidat ditunjukkan dalam panggung debat,” kata Supri.

Lain lagi dengan alumni Universitas Hasanuddin (Unhas), Herson. Ia mengaku salut dengan pak Albert dan John yang konsisten menyampaikan visi misinya tanpa terpengaruh gaya kandidat lain yang mencoba memainkan emosionalnya. 

“Ini bukti kematangan Al-John dalam sebuah kontestasi politik. Keduanya on the track menyajikan gagasan pemikirannya untuk kemajuan Tana Toraja,” bebernya.

“Al-John pasangan komplit. Di ajang debat keduanya terlihat saling melengkapi. Ini modal awal untuk membangun Tana Toraja,” ungkapnya.

Ia menegaskan debat kedua ini membuat dirinya semakin yakin mendukung pasangan Al-John. 

“Saya yakin banyak anak muda Tana Toraja yang memutuskan mendukung Al-John pasca debat kedua ini,” timpal Tato’, alumni STMIK Dipanegara.