Sinergitas Membangun UMKM Lebih Berkualitas dan Lebih Maju
Komentar

Sinergitas Membangun UMKM Lebih Berkualitas dan Lebih Maju

Komentar

Terkini.id, Makale – Pelaku UMKM Tana Toraja dibawah Binaan Rumah BUMN Telkom Tana Toraja mengikuti BIMTEK Keamanan Pangan di Aula Kantor Dinas Kesehatan, Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja, dengan Kantor LOKAPOM Palopo, Selasa 6 Oktober 2020.

Kepala Kantor LOKAPOM Palopo Dra.Nurtati Rahman, Apt.Mkes menjelaskan bahwa di Indonesia saat ini sekitar 40 – juta UMKM yang bergerak di Bidang Industri Makanan dan Minuman sangat penting untuk terus menjaga Higienitas Proses Produksi dan hasil produksi sebelum dilempar kepasaran, Sehingga produk tersebut dapat kepercayaan dari konsumen sebagai bahan yang layak dikonsumsi.

“Dan jangan pernah takut untuk dikunjungi dapur produksinya, karena itu adalah kesempatan untuk para UMKM membenahi ruang produksi agar bisa layak mendapatkan Sertifikat PIRT,” tutur Dra. Nurtati.

Sinergitas Membangun UMKM Lebih Berkualitas dan Lebih Maju

Dalam Bimtek yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan dr. Ria Minolta Tanggo ini berlangsung selama sehari penuh, Kepala Dinas Kesehatan mengatakan bahwa betapa penting para UMKM tetap menjaga kebersihan dalam berproduksi, ini merupakan salah satu komponen utama bagi UMKM dalam mepertahankan usahanya dan meningkatkan omsetnya.

Baca Juga

Diharapkan agar peserta BIMTEK benar-benar memanfaatkan kegiatan ini agar dapat mempraktekkan didalam usahanya, kata dr Ria Minolta.

Tujuan Utama dari BIMTEK ini adalah sebagai media sosialisasi bersertfikasi dari Kantor LOKAPOM Palopo kepada para UMKM yang bergerak dibidang makanan dan minuman, dimana Sertifikasi ini merupakan salah satu syarat utama dalam pengurusan SSP-IRT yang biasa dikenal PIRT bagi Usaha Makanan dan Minuman.

Turut mendampingi para pelaku UMKM tersebut adalah Jens dan Eva selaku Pengelola Rumah BUMN Telkom Tana Toraja yang selama ini terus dan setia untuk mendampingi serta memfasilitasi UMKM binaannya dalam berbagai kegiatan pengembangan, baik dari perijinan, Label Kemasan, serta berupaya mendorong UMKM Binaannya memasuki PASAR DIGITAL

“Kami bersusaha untuk ketat dalam menjaga dan membina serta mendampingi UMKM secara intensif dan berharap agar mereka tetap eksis dalam usahanya dan mengalami perkembangan, sehingga produk mereka dapat dikenal luas, bukan menjadi usaha dadakan atau musiman, atau usaha ikut-ikutan saja, sehingga nantinya akan menjadi para pelaku UMKM di Tana Toraja dapat bertahan dan ikut ambil bagian dalam mendorong peningkatan ekonomi kerakyatan,” terang Jens.

Aris Manggosa salah seorang salah seorang UMKM yang bergerak dibidang usaha Kripik mengatakan bahwa ini merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi UMKM, dimana BIMTEK seperti ini merupakan langkah awal bagi UMKM untuk berkembang dan layak untuk bersaing dengan produk dari luar. Sehingga makanan lokal yang berstandar sehat dapat kita peroleh dengan mudah.