Distribusi Tuak Dihentikan Sementara, Warga Bonggakaradeng Produksi Gula Merah

Gula Merah Buakayu
Gula Merah Bonggakaradeng (Sumber: Ist)

Terkini.id, Bonggakaradeng- Setelah heboh di kalangan masyarakat Toraja karena larangan distribusi ballo’ atau tuak asal Kecamatan Bonggakaradeng-Rano ke Kecamatan lain, Petani Tuak di Bonggakaradeng mulai Produksi “Gula Merah” (Golla Lea ).

Ambe’ Yoel dan Ambe’ Dian sapaan akrabnya, petani ballo” di Langda Buttu Tanga Kelurahan Ratte Buttu, per hari ini mulai beralih dari distributor ballo menjadi produsen Gula Merah.

Tuak yang dulunya di jual ke berbagai wilayah Kecamatan lain di Toraja untuk saat ini dihentikan sementara sebagai wujud dukungan untuk pemerintah dalam memerangi penyebaran Covid-19.

Aplikasi Ojek Online Toraja. PlayStore: Torajek

“Mulai hari ini, Ambe’ mulai menanak ballo’ untuk dijadikan gula merah. untuk sementara kita produksi gula merah sampai Corona berlalu” Tutur Wanti keponakan dari Ambe Yoel.

selain Ambe Yoel dan Ambe’ Dian juga ada beberapa Petani ballo’ yang sedang produksi gula merah/gula aren di Kecamatan Bonggakaradeng.

Baca juga:

Untuk diketahui membuat gula merah tidaklah muda karena membutuhkan tenaga dan waktu yang lama untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Selain itu juga membutuhkan banyak persediaan kayu bakar untuk menanak gula merah.

Sampai saat ini pesanan gula merah terus bertambah, sehingga peluang usaha gula merah sangat cocok menjadi alternatif masyarakat Bonggakaradeng-Rano saat ini.

Untuk info pemesanan gula merah Bonggakaradeng bisa langsung ke lokasi atau hubungi:

085298044158(Mama Yoel)

082244133950(Nova)

081341479656(Mama Dian)

Komentar

Direkomendasikan

Berita Lainnya

Larangan Distribusi Ballo’ di Revisi Pemerintah Bonggakaradeng, Pa’rutang: Terima Kasih

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar